Siapa Yang Harus Terjun di Bisnis UPVC?

Conchindonesia.com - Siapa yang harus terjun di bisnis kusen UPVC? Jawabannya: siapa saja boleh. Yang penting memiliki keseriusan, sumber daya serta modal untuk memulainya. Namun sebelum berbicara lebih jauh, kami ingin menjelaskan kepada anda mengenai apa yang sering orang marketing sebut "sunset industry". Anda tahu apa pengertian dari sunset industry itu sendiri? Mari kita belajar bersama-sama!


Industri kusen kayu dan aluminium masuk masa sunset
Dalam berbisnis paling bagus adalah terjun ke industri yang masih baru mulai berkembang.

Sunset Industry


Ketika seseorang bercerita kepada anda mengenai sebuah peluang usaha dalam mencari uang, harus bisa anda pastikan bukan bisnis sunset industry. Lho, mengapa demikian? Sunset adalah matahari yang sudah melewati tengah hari pukul 12:00 atau lebih tepatnya setelah pukul 15:00. Jadi sudah mulai memasuki senja. Sebentar lagi pasti akan berakhir dengan malam (gelap gulita). Jadi teringat syair lagu Huang Hun : huánghūn zài měi zhōng yào hēiyè (tak peduli seindah apapun sebuah senja, malam pasti akan segera tiba). Anda pasti menangkap maksudnya!


Ya, sunset industry adalah bisnis-bisnis yang sudah melewati masa jayanya. Masih ingat kamera film yang sudah dikalahkan kamera digital? Orang tidak mau lagi cuci-cuci film yang membutuhkan waktu lama dan biaya tambahan. Masih ingat pager yang sudah dikalahkan ponsel? Masih ingat mesin tik manual yang dikalahkan komputer? Ada banyak sekali! Ponsel era jayanya Nokia dkk. tenggelam oleh Blackberry, Blackberry akhirnya kandas oleh Android dan iOS. Who's next? Begitulah dunia ini berputar.


Kusen kayu sudah melewati masa jayanya di awal-awal tahun 80-an ketika produk kusen aluminium muncul dan marak dipilih konsumen. Anda yang masih berbisnis kusen kayu sebenarnya tidaklah masalah. Anda bisa dan memang harus tetap semangat! Yang masalah adalah pangsa pasarnya yang sudah jauh berkurang. Maka risikonya ya siap-siap melamun, melihat toko atau workshop yang mulai sepi dan akhirnya akan mundur dengan sendirinya. Kebanyakan bukan salah anda tetapi karena memang minat orang atas kusen kayu yang semakin menghilang. Pasarnya sudah tidak tidak ada lagi! Industri sunset!


Sebentar lagi kusen aluminium pun akan melewati masa senjanya. Jika saat ini anda terjun ke kusen aluminium namun berharap order akan jauh lebih meningkat dibanding tahun-tahun lalu, rasanya juga terlalu berlebihan! Jika anda berharap demikian maka pemain kusen kayu juga berharap demikian bukan? Nyatanya kusen aluminium lebih dipilih orang dari kusen kayu karena berbagai kekurangan kusen kayu. Demikian juga dengan kusen aluminium terhadap ancaman dari produk baru kusen UPVC. Selain faktor persaingan di bisnis yang sama tentu juga karena hadirnya produk-produk baru yang jauh lebih menarik minat konsumen. Tak bisa kita elak!


Penemuan-penemuan baru, teknologi-teknologi baru membuat yang lama tidak akan mampu lagi berbicara di pasar yang sangat kompetitif dan memiliki tuntutan yang selalu baru. Orang butuh hunian yang jauh lebih nyaman, yang benar-benar lebih kedap suara, produk yang eco-friendly, yang mudah diaplikasikan ke berbagai model dan bentuk. Tak peduli lebih mahal terkadang, karena kenyamanan di atas segalanya. UPVC diprediksi akan menggantikan aluminium karena membuat ruangan jauh lebih nyaman.


Siapa Yang Harus Terjun Bisnis Kusen UPVC?


Pada dasarnya semua boleh dan bisa. Soal melihat peluang tidak bisa dibatasi. Tak perlu merasa kecil hati karena semua bisa diajarkan termasuk cara mengoperasikan mesin. Namun bagi para aplikator, kontraktor atau pemain kusen aluminium, ikut terjun ke kusen UPVC adalah pilihan yang brilian. Mengapa? Selain karena memang masih sama industrinya juga karena anda bisa menawari langganan pilihan yang lebih lengkap. Ketika calon pembeli atau konsumen lama mendapati info adanya kusen yang jauh lebih kedap suara, anda bisa memenuhi selera mereka. Anda tidak dianggap pengusaha yang ketinggalan informasi. Jadi istilahnya kusen aluminium oke, mau kusen UPVC juga hayo! Semuanya lengkap dan tersedia! Tinggal siapkan dana saja! Kurang lebih begitu.


Bagaimana? Apakah mau langganan lama anda berpindah ke perusahaan lain hanya karena di sana lebih lengkap lalu mendapatkan pelayanan yang dirasakan jauh lebih unggul dan akhirnya perlahan-lahan meninggalkan anda? Bukan menakut-nakuti anda tetapi ingatlah: sunset industry!